Mari Hargai Uang, Nak !

gbr dari indowebster.com

LIBATKAN ANAK DALAM DISKUSI

Sebagai sebuah keluarga, ada baiknya Anda senantiasa melibatkan anak-anak dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan bersama, misalnya tentang pembelian barang atau mengenai rencana liburan. Karena dari hal-hal yang sederhana dalam keluarga, banyak yang dapat diambil untuk menjadikan pelajaran mengapa kita perlu menabung dan berhemat.

ALOKASI LEWAT STOPLES

Cara unik ini menarik untuk dicoba, sediakanlah 3 stoples kaca, namai masing-masing sebagai : “Pengeluaran”, “Tabungan” dan “Sumbangan/ Kado”. Berikan ketiga stoples itu kepada anak ketika anda memberinya uang saku, mintalah ia untuk membagi uang itu ke 3 stoples yang tersedia. Dari sini ia akan menyadari bahwa uang yang diterima harus senantiasa dialokasikan untuk pengeluaran atas benda yang ia butuhkan, tabungan untuk masa depan dan sumbangan atau kado bagi orang lain.

DORONG ANAK UNTUK BERUSAHA MENDAPATKAN YANG DINGINKAN

Saat memberikan uang saku kepada anak, dorong mereka untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung agar dapat membeli barang yang diinginkan. Untuk anak yang masih sangat muda, sebaiknya barang-barang yang dibelipun tak terlalu mahal. Kesuksesan adalah guru yang luar biasa dan anak-anak akan mendapatkan rasa percaya diri ketika berhasil mencapai tujuannya.

CATAT PENGELUARAN SELAMA SEBULAN

Menyimpan catatan pengeluaran sangatlan penting, terutama bagi anak-anak yang sudah cukup besar. Diawal bulan mintalan anak memperkirakan pengeluarannya untuk menonton bioskop dan membeli makanan (atau pengeluaran lain yang biasa dilakukannya) dalam sebulan, kemudian bandingkan angka ini diakhir bulan dengan hasil dari catatan yang telah dibuat. Jika hasilnya dibawah perencanaan yang dibuat, ini akan menjadi poin sukses yang dapat dibanggakan.

Sumber : http://www.sountrybankforkinds.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s