Frisian Flag

April 07, 2011 kemarin nggak sengaja kami (aku, faiz, ama bini) main ke Carefour @ Lebak Bulus – Jaksel …. maunya si’ maem2 + cuci mata liyat cewek cuakep aja’ . Lha bener khan …. sampe stand SusBen (susu bendera) ntu’ yg jaga cuakep2 bener + plus pinter ngrayu … , yach terpaksa dech mborong tu’ produk …. hala’ ..Btw setelah ngobrol sana-sini ama bini ‘ntu sales yg cuakep … then tangan kanan dan kirinya Faiz di stamp ama alat canggih. Ni hasilnya ….

Berdasarkan diagram diatas, maka Dimas Faiz termasuk anak yang dominan responsif terhadap motivasi stimulasi tipe VISUAL dan AUDITORY. Learning Style Responsivity menunjukan cara kerja otak dalam proses belajar. Dengan mengetahui cara kerja otak dalam proses belajar akan membuat proses belajar anak menjadi lebih efektif.

Dalam kaitan dengan pengembangan gaya motivasi anak tipe VISUAL, maka; Gaya belajar visual adalah tipe gaya belajar yang yang cenderung lebih mudah menerima dan mengolah informasi melalui INDERA PENGLIHATAN. Secara spesifik gaya belajar Visual dibagi lagi menjadi 2 :

  1. Text : mudah belajar dengan cara penyampaian melihat huruf, kata, kalimat, buku, angka, symbol dan object 2 dimensi.
  2. Picture : mudah belajar dengan cara penyampaian melihat gambar, foto, diagram, warna, bentuk dan object 3 dimensi.

Dalam kaitan dengan pengembangan gaya motivasi anak tipe AUDITORY, maka; aya belajar auditori adalah tipe gaya belajar yang yang cenderung lebih mudah menerima dan mengolah informasi melalui INDERA PENDENGARAN. Secara spesifik, gaya belajar auditori dibagi lagi menjadi 2 :

  1. Linguistic : mudah belajar dengan cara penyampaian melalui pendengaran, tata bahasa, keragaman kosa kata, berpantun dan pentingnya isi kalimat.
  2. Musical : mudah belajar dengan cara penyampaian mendengarkan intonasi, nada, kata-kata yang disampaikan secara berirama dan askutikal.

Berdasarkan diagram di atas, maka Dimas Faiz akan lebih mudah distimulasi menggunakan alat-alat stimulasi berhubungan dengan Observation dan Realistic. Anak dengan tipe eksplorasi observasi akan lebih mudah untuk mempelajari berbagai hal dengan mengamati. Anak dengan tipe eksplorasi realistis akan lebih mudah untuk mempelajari berbagai hal apabila di berikan secara langsung benda-benda nyatanya. Dalam kaitan dengan pengembangan gaya ekplorasi anak tipe observation, maka:
Tunjukkan pada anak secara detail cara membuat/melakukan sesuatu agar mudah baginya untuk melakukan proses yang sama, misalnya :

  1. Ketika mengajari anak menulis berikan contoh cara memegang pensil.
  2. Untuk menambah wawasan, ajak si kecil ke berbagai tempat yang berkaitan dengan proses pembuatan hal-hal yang sering berhubungan dengannya. Misalnya, karena sering minum susu ajak ia ke pabrik pengolahan susu untuk mengetahuinya secara langsung.
  3. Bagaimana cara membuka sepatu yang benar, bagaimana mengancingkan baju, bagaimana menyapu, bagaimana cara mandi yang benar, gosok gigi dll, harus ditunjukkan caranya, biarkan dia mengamati apa yang kita lakukan.

Dalam kaitan dengan pengembangan gaya eksplorasi anak tipe Realistic, maka : Ajaklah anak ke dalam situasi yang sebenarnya ketika ingin menambah wawasan anak, misalnya :

  1. Ajaklah seorang anak perempuan ke dapur ketika kita ingin mengajarkan berbagai jenis peralatan memasak.
  2. Bawalah anak ke ruangan makan saat kita ingin memperkenalkan berbagai jenis peralatan makan.
  3. Bawalah anak ke kebun binatang ketika mengajarkan anak berbagai jenis hewan.
  4. Bawalah anak ke kebun raya ketika kita ingin memperkenalkan jenis-jenis tumbuhan padanya.

Note : sing puyenk bapak-é kei …. nggak ngerti opo sing dimangsud karo dokter-é…. lha jaman kok semangkin canggih men tho ! Bieuh …

Iklan

Tentang lonlide

Just Simple Me ...
Pos ini dipublikasikan di Djan - And So The Story Goes .... Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s